Sambal Praktis

Sambal, buat keluargaku sih ini wajib sewajib-wajibnya. Segala macem makanan, mau masakan Indonesia atau masakan Eropa sih tetep dicocolin sambal. Mikko yang dulunya hanya bisa makan sambal yg manis, sekarang udah ahli makan sambal level atas aka pedes banget.

Bahan-bahan sambal
Sambal tomat trasi ini sebenernya kuadopsi dari jenis sambal trasi, tapi karena aku pikir ini sambal harus serbaguna bisa dipake makan apa aja, dari penyetan, soto, bakso, spageti maupun pizza karena tiap masak emang gak bisa nyampurin cabe langsung ke masakan karena ada Niina yg masih toddler yang biasa makan makanan yang sama dengan kita. Jadi untuk praktisnya, biasanya setok sambel ini selalu ada dikulkas.

Sambal tomat trasi ini sangat mudah, praktis dan yang pasti meminimalisir bau trasi saat pemasakannya, karena ini masalah kita yg tinggal deketan ma tetangga, belum lagi karena ventilasi kita bukan dari jendela, jadinya aroma trasi yg semerbak mewangi bisa bertahan berjam-jam bahkan nempel baunya di dapur. Ini sih eksperimen, mungkin bagi sebagian orang bakal bilang kurang mantap karena trasinya gak dibakar atau digoreng langsung, tapi buat aku sih daripada gak nyambel trasi sama sekali, inilah jalan satu-satunya bisa bertrasi ria dengan aroma yang bisa diminimalisir.

Berikut bahan-bahannya:
  • Cabe rawit
  • Cabe merah besar
  • Tomat
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Trasi
  • Minyak zaitun atau minyak goreng
  • Garam
  • Gula merah
  • Plastik oven atau bisa pakai aluminium foil dibentuk saku.
  • Loyang untuk alas memanggang

Cara membuat:
1. Panaskan oven sekitar 175 - 225 derajat celcius (biasanya ketika membuat sambal ini, bersamaan dengan memanggang ayam, jadi suhu oven bisa macam-macam yang pasti dikira-kira sampai semua bahan matang
2. Iris bahan-bahan bumbu (cabe, bawang)
3. Masukkan ke dalam plastik, tambahkan trasi
4. Tuangi minyak sekitar 1 sendok makan
5. Ikat
bumbu siap dioven

6. Panggang dalam oven sampai matang ( sekitar 30 menit)
7. Angkat dan tunggu sampai hangat
8. Masukkan dalam wadah untuk diblend atau bisa menggunakan ulekan tradisional cobek.
setelah hangat siap diblend

9. Ini hasil setelah di blend 
setelah diulek atau diblend
10. Tambahkan garam dan gula merah (sesuai selera), kalau suka bisa ditambahkan perasan jeruk nipis/asam/daun jeruk
11. Sambal siap digunakan untuk segala macam masakan.
penyimpanan sambal

Tips:
- Usahakan semua bahan sampai benar-benar matang agar rasanya enak
- Trasi bisa dimasak secara terpisah, bungkus trasi terpisah menggunakan aluminium foil, kemudian oven. Trik trasi ini juga bisa digunakan untuk memasak nasi goreng, dicampurkan paling akhir pada masakan atau sambal agar aromanya tidak menyengat
- Simpan dalam lemari es, jangka penggunaan bisa sampai 1 minggu
- Untuk garam, aku biasa memakai herbamare, rasanya lebih nikmat karena di dalamnya terkandung herb yg bermacam-macam seperti basil, rosmarini, peterseli, daun bawang, timjam dll.
garam dapur dengan herbs
PS: Masak sambelnya barengin sama manggang ayam, nanak nasi, goreng tempe ato tahu, es teh manis boleh juga.
teman si sambel

Selamat mencoba, silakan dikombinasikan sendiri sesuai selera.
"Sharing is caring"

Comments

Popular posts from this blog

Resep Madu Mongso

Resep Tape Ketan

Resep Wingko