Perpanjangan Paspor dan Affidavit anak

Paspor asing dan paspor Indonesia

Akhirnya hari ini memperpanjang paspor Indonesia Niina dan memulai kembali pembuatan affidavit. Dikarenakan dulunya kurang paham dan sebenarnya ntahlah itu yg di stempel di paspor ternyata bukan affidavit, dan mungkin saja benar krn dulu pas pembuatan paspor Indonesia si Niina blm punya paspor Finland. Perpanjangan paspor dan pembuatan affidavit anak ini di KBRI HAnoi, jadi mungkin prosesnya akan berbeda ketika dilakukan di KBRI lain ataupun di kantor imigrasi di Indonesia.

Selalu heboh diawal, itulah emak2 yg krn cemas dg dokumen2 dan kebanyakan membaca artikel yg membuat bingung, padahal ini simple. Yang pasti harus kalem, bertanya dengan petugas tentang dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan, take your time to prepare the documents, pastikan semua dokumen komplit sebelum pengajuan and breathe.


Perpanjangan Paspor



Karena pengennya Niina punya paspor Indonesia, dg alasan nasionalisme dan mempermudah kita keliling Asean yg NB negara2 sekitar sini (saat ini kita tinggal di Hanoi, Vietnam) banyak yg gak require visa buat Indonesian Citizen sementara butuh visa untuk Finnish pasport holder yg selain ribet juga mahal, jadi kuputuskan memperpanjang paspor ijonya.

Di sini daftar negara bebas visa dan yang membutuhkan visa ataupun VOA (Visa on Arrival) untuk pemegang paspor Indonesia Visa, bebas visa, VOA

Syarat perpanjangan paspor Indonesia anak

- paspor lama
- akta kelahiran
- photo 4x6 background merah

- 30 USD



Affidavit
Affidavit di paspor asing anak
Si affidavit, sebenernya diproses dg menggunakan paspor asing anak (anak berkewarganegaraan ganda). Misalkan si anak tak punya paspor Indonesia, tp memiliki affidavit, dia bisa berfungsi untuk keluar masuk Indonesia sbg pendamping paspor asing (ini menguntungkan bagi dwi kewarganegaraan yg memerlukan visa/voa untuk keluar masuk indonesia, kalo untuk yg free entry seperti Finland, keuntungannya si anak bisa stay lbh dr 30 hari di Indonesia atau selama mungkin selama umur anak dlm hak memiliki paspor ganda) aka max 18-21 thn).

Syarat pembuatan affidavit
- paspor asing anak
- akta kelahiran
- pas poto 4x6 background merah- surat nikah kedua orang tua (dari catatan sipil/KUA)- paspor kedua orang tua (ini berlaku juga untuk pernikahan campuran)- fee 13 USD



Proses perpanjangan paspor dan affidavit ini tidak lama, untuk di KBRI Hanoi perpanjangan paspor hanya membutuhkan waktu 1 hari. Mungkin akan berbeda di KBRI lain ataupun di imigrasi Indonesia, hal ini mungkin dikarenakan jumlah pengajuan yang berbeda di setiap tempat.


Untuk proses pembuatan paspor baru, akan ditulis di post selanjutnya.

Update tentang Paspor  selengkapnya di sini


Lihat juga:
1. Birokrasi menikah dengan orang Finlandia




2. Suka duka menikah dengan bule Finlandia




3. Bahasa sehari-hari keluarga kawin campur



4. Sistem Ibu dan anak di Finlandia




5. Sistem Pendidikan di Finlandia

6. Biaya Hidup di Finlandia




Berikut link yg membantu dan referensi ttg paspor dan affidavit untuk anak berkewarganegaan ganda:
1. Pengertian Paspor Indonesia
2. Daftar negara yang membutuhkan Visa, VOA dan negara bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia
3. Pengertian Affidavit
4. Tarif kekonsuleran KBRI Hanoi

Komentar

Popular Posts

Resep Madu Mongso

TAHAP DAN CARA CARI KERJA DI FINLANDIA KARENA PERKAWINAN CAMPUR DENGAN WN FINLAND