Fakta menarik Finlandia (Negara tanpa siang)

Negara Finlandia juga dikenal dengan negara tanpa malam, dan juga negara tanpa siang

Dimana di  kota bagian utara Finlandia, tepatnya kota Nuorgam matahari tidak tenggelam sama sekali saat pertengahan musim panas. Dan kebalikannya, saat musim dingin matahari tenggelam dikhir bulan Desember dan akan terbit pada awal bulan Januari tahun berikutnya.

Seperti saat ini, di kota Raahe (daerah Pattijoki) yang kebetulan di bagian utara Finlandia namun masih agak sedikit ke selatan, matahari terbit jam 10.23 dan akan tenggelam jam 14.25. Jadi durasi siang ketemu matahari hanya sekitar 4 jam 


Kadang kalo bangun tidur trus liat jam analog suka bingung kalo ini pagi atau siang sementara di luar masih selalu gelap, kaya gini nih 


 
Ini jam pagi

Nah ini baru jam 9 malam


Trus kegiatan hariannya gimana donk kalo saat tanpa malam?
Kehidupan di Finlandia saat musim dingin minim matahari
saat durasi siang pendek (sunrise jam 10.00 sunset jam 14.00) 
Suhu minus bahkan -20°C

1. Kegiatan sehari-hari baik sekolah kerja & kegiatan lain tetap seperti biasa, berdasarkan jam bukan kondisi matahari, berangkat dan pulang dalam keadaan gelap sudah biasa. Toko-toko buka seperti jam buka di Indonesia.

2. Walaupun badai salju, kegiatan tetep seperti biasa. Selama hampir 10thn di sini, blm prnh ada kegiatan diliburkan krn badai salju.

3. Rumah & bangunan di Finlandia dirancang untuk suhu dingin termasuk jendela dobel, penghangat ruangan dll (sering aku share di live)

4. Rumah di Finlandia dilengkapi dengan air hangat, yang bisa diminum dari kran langsung baik musim panas ataupun musim dingin.

5. Mobil dan kendaraan dijalan memakai ban winter yg dirancang untuk jalanan licin sehingga gak bakal tergelincir saat dikendarai (ada di vt lain ttg ban winter). Mobil juga memiliki sistem penghangat/AC, penghangat untuk tempat duduk & jg untuk jendela kacanya. BBM dalam mobil tidak membeku. Termasuk cairan pembersih kaca untuk dipakai saat suhu2 tertentu agar tidak membeku.

6. Naik sepeda saat musim dingin tetap lanjut, namun harus memakai ban winter juga & lampu depan juga lampu belakang warna merah, memakai reflektor juga untuk menghindari tabrakan krn gelap.

7. Salju yg turun di sepanjang jalan akan dibersihkan oleh petugas dengan traktor khusus, termasuk bagian trotoar & beberapa jalan setapak. Untuk pekalan kaki dan pesepedah biasanya juga ditaburi kerikil agar tidak licin

8. Durasi kebutuhan tidur saat musim dingin dan musim panas at least 7jam/hari, jadi saat gelap bukan berarti kita harus tidur mulu. 

9. Lampu khusus bisa dipakai saat musim dingin dinyalakan saat matahari terbit untuk membuat badan kita ”bangun” (ada di VT lain).

10. Minum vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tubuh karena durasi siang pendek cuma dapat sinar matahari sebentar. 

11. Udara saat musim dingin lebih kering, itulah kenapa kita butuh lotion pelembab untuk badan & bibir, termasuk untuk laki2 biasa memakai lipbalm juga.

12. Cuci baju biasa dijemur dalam rumah. Walaupun gak ada matahari, cucian yg diangin-anginkan dlm rumah akan kering sekitar 12jam krn udaranya yg kering

13. Jam sholat & puasa mengikuti arah matahari, jadi jadwalnya berubah setiap hari. Saat musim dingin maghrib jam 3sore, saat musim panas kadang jam 11 malam (Jadwal ada di VT lain).

Buat beberapa orang, mungkin suasana seperti ini gak cocok & dijadikan bahan untuk bersyukur karena gak tinggal di negara dingin.

Tapi buat banyak orang, ini adalah momen yg ditunggu saat
1. Anak-anak bermain salju, perisostan bikin snowman dll
2. Pecinta skating bisa skate di luar
3. Penggemar cross country skiing bisa menempuh puluhan km dg senang hati, yg suka downhill skiing nunggu2 salju buat seluncur bebas dr puncak
4. Yg suka mancing di danau beku
5. Berenang dalam kubangan danau es
6. Menyambut natal dg cantiknya salju
7. Dan lain-lain

Adalagi yang pengen temen-temen tau tentang kehidupan saat musim dingin?
Bisa follow sosmed Chimy in Finland buat update harian link

#finlandia #chimyinfinland #fyp





Komentar

Popular Posts

Resep Madu Mongso

Perpanjangan Paspor dan Affidavit anak

TAHAP DAN CARA CARI KERJA DI FINLANDIA KARENA PERKAWINAN CAMPUR DENGAN WN FINLAND