Botania, Botanical Garden in Joensuu



Botania adalah sebuah  kebun raya dan kebun kupu-kupu tropis di Joensuu, letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Joensuu, tepatnya di Heinäpurontie 70, 80110 Joensuu. Di sini banyak ditemukan berbagai macam tanaman yang sering kutemukan di Indonesia. Selain ditanam dalam rumah kaca, pada musim panas biasanya pengelola menanamnya pada halaman dan kebun di area Botania.




Juuso

Pada musim panas kemaren (summer 2014), aku bersama temen-temen sekolah kelas bahasa ngadain kunjungan ke sini. Begitu masuk, kita ketemu dengan front office, di situ bisa membeli tiket untuk masuk ke rumah kaca. Untuk harga tiketnya sekitar €3 - €9 (free entry untuk anak di bawah 2 tahun). Kalo hanya ingin sekedar melihat-lihat di halaman, gak perlu memakai tiket.




Ilmari atau Lasse?
Memasuki rumah kaca, kita disambut oleh Juuso, sang burung kakak tua. Ada juga kakak tua yang lain yaitu Ilmari dan Lasse. Di dalam rumah kaca terbagi menjadi beberapa bagian, ada jenis-jenis tanaman tropis, taman kupu-kupu, tanaman gurun. Di ruangan luar, terdapat juga macam-macam tanaman, bahkan waktu itu rasanya pengen langsung makan ayam bakar karena ketemu kemangi indonesia.






Berikut beberapa jenis tanaman dan kupu-kupu yang ada di Botania. Sayangnya aku kehilangan beberapa file foto dari trip tersebut.


Selain tujuan kebun raya kebun raya, di Botania sering diadakan event-event juga, untuk hari-hari tertentu kadang botania memberikan free pas untuk pengunjung. Ada sebuah pojok yang menjual handy craft printing tentang hutan Borneo di sana. 


Pada hari minggu jam 11.00 - 15-00, tersedia makan siang yang disajikan menggunakan daun pisang dari Spice chef yang merupakan makan khas India. Untuk informasi  lengkapnya bisa mengunjungi website Botania

Untuk yang berkunjung ke kota Joensuu ataupun yang merindukan tanaman tropis, tempat ini bisa menjadi  salah satu tujuan wisata pilihan.



"Sharing is caring".




Komentar

Popular Posts

Resep Madu Mongso

Perpanjangan Paspor dan Affidavit anak

TAHAP DAN CARA CARI KERJA DI FINLANDIA KARENA PERKAWINAN CAMPUR DENGAN WN FINLAND